>

Friday, October 19, 2012

Apa Tujuan Setan ?

7 comments

Bumi bukanlah tempat ekslusif milik makhluk manusia. Ada hewan, tumbuhan, serta makhluk-makhluk ghaib yang tak tampak secara kasat mata ikut tinggal dan berbagi tempat. Namun, tak seperti hewan dan tumbuhan yang menempati lahan alam yang sama, bagi makhluk ghaib ini telah disediakan alam khusus sebagai wilayah hidup komunitas mereka sendiri.

Di sana sini ada setan
Keberadaan makhluk ghaib tegas diakui secara syariat. Bahkan, sebagai umat Islam, mengimani yang ghaib adalah sebuah kewajiban. Surat Al Baqoroh ayat 1-5 juga menunjukkan bahwa mengimani yang ghaib, entah itu malaikat, hari akhir, surga, neraka, termasuk jin dan setan adalah salah satu ciri orang yang bertaqwa. Namun, mencari-cari tahu urusan makhluk ghaib ini secara lebih detil justru terlarang.

Soal-soal ghaib adalah otoritas mutlak Allah. Tidaklah dijelaskan kepada Rasul-Nya kecuali sedikit. Karena itu, kewajiban kita hanya mengimani dan mengetahui yang sedikit itu. Jangan mencari-cari lebih detilnya. Tidak ada manfaatnya dan memang tidak ada yang lebih mengetahuinya kecuali Allah,? tegas Ustadz Hasan Bisri, Lc., salah seorang anggota tim ruqyah Majalah Ghoib.

Pengertian Setan


Secara eksplisit, Qur'an surat Al A'raf ayat 16-17 juga menyebutkan sumpah iblis untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah melalui bantuan tentara-tentaranya yang berwujud setan. Setan-setan ini akan mencoba segala jalan kesesatan dari arah kanan-kiri, depan maupun belakang. Karenanya, tak perlu heran, juga tak perlu takut, karena sepanjang hidup kita dunia memang ?dipenuhi? setan yang terus menerus mencoba menjerumuskan manusia pada kesesatan dari jalan Allah.

Penampakan setan sesuai misi
Makhluk ghaib ditakdirkan Allah punya "kelebihan" atas manusia. Mereka bisa melihat manusia sementara manusia tak bisa melihat mereka (dalam wujud aslinya). Mereka mudah berpindah alam, dapat menembus bumi, menyelami lautan atau menjelajahi langit dan mereka pun sanggup mengubah wujud dalam penampakan-penampakan berwujud makhluk lain.

Namun, setiap makhluk ghaib akan menjalani sunatullahnya sendiri-sendiri. Malaikat sebagai makhluk yang selalu tunduk kepada Allah, tak akan mewujud dalam penampakan yang berekses negatif pada manusia. Sementara setan sebaliknya, ia akan melakukan penampakan justru dalam rangka melakukan misi penyesatan aqidah manusia.

Gangguan setan dalam wujud penampakan, gangguan fisik, penyimpangan-penyimpangan hukum alam, konspirasi sihir dengan manusia, tak lain dan tak bukan adalah upaya setan untuk membuat manusia percaya akan kekuatannya, takut kepadanya lalu memohon bantuan atau perlindungan sesuai dengan cara-cara yang dimintanya. Sekali manusia menuruti kehendak setan, ia akan terus menjadi temannya sampai manusia itu bertaubat dan kembali ke jalanNya. (zif)

Siapa Paling Mudah Diganggu? 

Orang yang tengah lalai terhadap Allah. Al Qur'an surat Az-Zukhruf ayat 36 menyebutkan barangsiapa yang berpaling dari mengingat Allah, maka akan Allah adakan baginya setan yang mengajaknya pada kesesatan dan syetan itu kemudian akan menjadi teman yang selalu menyertainya.

Banyak jalan membawa manusia menuju lalai kepada Allah, hingga ia menjadi lemah iman, dan mudah diganggu setan. Diantaranya adalah;
1.Manusia yang berada dalam keadaan marah berlebihan
Marah sesungguhnya adalah perkara manusiawi. Namun, marah untuk perkara yang tepat, di saat yang tepat dan dengan cara yang tepat tidak selalu mudah untuk dilakukan. Seorang mukmin diberi tuntunan untuk selalu dapat mengendalikan marahnya hingga marahnya adalah karena menemui kezaliman, dan diungkapkan dengan tidak meninggalkan keadilan. Sementara marah yang dibiarkan meluap murka berasal dari godaan setan yang bila dituruti akan menjauhkan seseorang dari mengingat tuntunan Allah dan RasulNya. Bila ini terjadi, setan lebih mudah mengganggunya, mengajaknya pada kesesatan bahkan kemudian menjadi sahabatnya.

2.Seseorang yang tengah larut dalam kesedihan mendalam 
Larut dalam kesedihan berpotensi besar membuat orang lalai bahkan ingkar kepada Allah. Pikiran bahwa dirinya sedang mengalami kesialan, nestapa tak berujung, hingga merasa tak adanya keadilan Allah, adalah pintu-pintu masuknya gangguan setan secara lebih mudah. Karena itu, sekeras apapun musibah menimpakan nyeri hati dan sedih ingatlah itu sebagai ujian Allah dan Allah akan selalu mengiringi kesulitan kita dengan kemudahan.

3.Seseorang yang sedang larut dalam kesenangan memabukkan 
Kesenangan tak selalu membawa keberkahan, apalagi bila datangnya kesenangan selalu disikapi sebagai hasil kerja keras diri sendiri, keluarga sendiri atau kerja tim sendiri dan direguk sepuas-puasnya demi kenikmatan sesaat. Campur tangan Allah pun menjadi terabaikan dan jatuhlah manusia pada kelalaian. Pada saat ini terjadi, celah setan untuk mengganggu manusia semakin terbuka lebar, entah untuk memupuk kesombongan, memudahkan manusia berbuat maksiat atau menjauhkan manusia dari ketaatan beribadah kepadaNya. Tak heran, bahkan dalam melakukan hubungan suami isteri pun, salah satu tuntunan Islam adalah memanjatkan doa kepada Allah agar dijauhkan dari gangguan setan. (zif)

Khawatir Gangguan Setan? 

Setiap setan memang selalu berupaya mengganggu manusia, terutama mereka yang dalam kondisi lemah emosi, mental apalagi iman. Tapi, jangan takut, siapkan perisai yang akan menolak gangguan setan;

1.Perbanyak doa dan dzikir kepada Allah, karena doa dan dzikir akan selalu menentramkan jiwa dan membawa kesadaran manusia bahwa hidup ini berada dalam genggaman-Nya. Tuntunan doa dan dzikir terbaik, tentulah doa dan dzikir yang telah dicontohkan Rasulullah Saw. Karena itu, membiasakan membaca dzikir Al Matsurat pagi dan petang, misalnya akan mampu mencegah gangguan setan. Mana mampu setan menggoda manusia yang menjadikan aktivitas hariannya senantiasa berada dalam lingkaran dzikrullah?

2.Gangguan setan bisa banyak macamnya. Baik berupa penampakan fisik setan dalam wujud-wujud tertentu ataupun gangguan terhadap diri sehingga menimbulkan penyimpangan-penyimpangan perilaku. Bila merasakan ada gangguan setan di rumah kita, tak usah panik, apalagi sampai mengontak para pemburu hantu. Bacakan saja surat AlBaqarah dari ayat pertama hingga penghabisan surat sebagaimana disabdakan Rasulullah Saw dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a., ?Sesungguhnya setan akan pergi dari rumah yang didalamnya dibacakan surat Al Baqarah.? (HR Muslim)

3.Keutamaan ayat kursi, Membacanya juga termasuk salah satu upaya mencegah diri dari gangguan setan. Hal ini terungkap dalam hadits Rasulullah Saw yang menyatakan, "Apalagi kamu hendak tidur di pembaringan, bacalah ayat kursi sampai tuntas. Niscaya Allah senantiasa menjagamu dan setan tak akan mendekatimu sampai pagi." (HR Bukhari, dari Abu Hurairah r.a.)

4.Jangan meremehkan lantunan adzan dan menganggapnya tidak penting atau bahkan bisa mengganggu lingkungan. Justru demi mendengar adzanlah setan akan menjauhkan diri dari lingkungan kita, karena adzan adalah sebuah refleksi dzikir dan ajakan untuk melaksanakan ibadah kepada Allah. Kalau ada yang tidak senang mendengar suara adzan, bukan tak mungkin itu terjadi karena setan telah menelusup ke dalam sanubarinya dan mengganggunya. (zif)

-------------
"Sesungguhnya syaithan adalah musuh bagi kalian, maka sikapi mereka sebagai musuh." (Al-Fathir: 6)
Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.Sesungguhnya kekuasaannya (syaitan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.
(QS. AN-Nahl :99-100)
-------------

Sumber : Majalah Ummi Online
Di posting oleh Senantiasa Berproses 2:34 AM
Comments
7 Comments

7 comments:

Hanif Maliki said...

Nice post sob

senantiasa-berproses said...

@hanif maliki

makasih sobat...

Nakusan said...

info yg bermanfaat sekali.
makasih ya kawan dah berbagi...

senantiasa-berproses said...

@Nakusan
Makasih banyak om, sukses selalu..

Hendrik Sudirman said...

Ma kasih soB. Bermanfaat banget. MEmang susah juga soB menghindar dari godaan setan. Moga aja Allah selalu membimbing kita. Amiin.

Outbound Malang said...

kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

Kaharuddin Eka Putra said...

mantap banget postingannya, thanks infonya

Ahli Kompi

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjugi blog sederhana saya....
pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak berupa komentar....
silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini :

 
Meraih kebaikan dengan Perbaikan © senantiasa berproses DheTemplate. Supported by PsPrint Emeryville